Pada
tanggal 14 November 2013, kelas C kapita selekta kedatangan dosen tamu yaitu
Bapak Kukuh Sanyoto yang membahas mengenai media komunikasi sekarang dan dimasa
yang akan datang.
Menurut
Bapak Kukuh, peradaban manusia jaman sekarang semakin cepat. Dimulai dari jaman
pertanian ke jaman industri, lalu berlanjut ke jaman informasi hingga akhirnya
semakin berkembang di masa kini. Jarak dari jaman pertanian ke jaman industri
berlangsung sangat lama hingga mencapai ratusan tahun lamanya. Sedangkan jaman
industri ke jaman informasi membutuhkan waktu puluhan tahun. Namun perkembangan
industri hingga ke masa kini hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat. Hal
itulah yang dimaksud dengan peradaban manusia yang semakin hari semakin cepat
sesuai dengan berkembangnya teknologi dan sumber daya.
Namun
perkembangan yang cepat tersebut di Indonesia masih termasuk tertinggal dari
Amerika. Seperti misalnya pada tahun 80an di Indonesia masih mengalami jaman
pertanian, sedangkan di Amerika pada tahun 80an sudah mencapai jaman
perindustrian.
Manusia
adalah mahkluk yang sudah melakukan komunikasi dari sebelum mereka dilahirkan.
Itulah yang menjadi penambah pentingnya dan berpengaruhnya sebuah komunikasi.
Dengan komunikasi yang baik dan berkembang, akan mengembangkan pula informasi
dan pengetahuan yang dimiliki sehingga membantu perkembangan kehidupan di
masing-masing negara. Selain komunikasi, keberanian untuk melakukan perubahan
menjadi sebuah peluang adalah hal yang sangat penting dalam sebuah perkembangan,
terutama kepada orang yang ingin dan mau berpikir kreatif. Untuk menjadi orang
kreatif dibutuhkan sebuah keberanian untuk berpikir secara out of the box atau
berani berbeda.
perbandingan
communication media dengan social media antara lain
Communication
media
|
Social
media
|
Space
defined by media owner
|
Space
defined by consumer
|
In
control
|
Consumer
on control
|
Delivering
a message
|
Two
way / being a part of a conversation
|
Repeating
the message
|
Adapting
the message
|
Focused
on the brand
|
Focused
on the consumer / adding value
|
Entertaining
|
Influence,
involving
|
Company
created content
|
User
created content / co. creation
|
Di
masa sekarang, semua manusia sudah menjadi sebuah media. Dan investasi yang
dilakukan membuat media semakin murah. Seperti contohnya adalah internet.
Karena internet sekarang ini sangat mudah dijangkau dan tidak membutuhkan biaya
yang besar untuk menggunakan media tersebut sebagai alat komunikasi dengan
tujuan apapun dan dalam bidang apapun.
Changing
to media landscape
Old
way
|
New
way
|
Information
age
|
Participation
age
|
Media
owners in control
|
Media
consumers in control
|
Advertising
to mass audience
|
Advertising
to target audience
|
One
size fits all product
|
Customizable
products
|
Publish
once & distribute one way
|
Publish
one & distribute many ways
|
Content
is king (commoditized content)
|
Content
is king (differentiated content)
|
Marketing
focus on awareness & considerator (CPM)
|
Marketing
focus on preference, purchase & relation (cost per lead, cost per click)
|
Convenience
is good
|
Convenience
is essential
|
Kesimpulan
:
Perkembangan
jaman dari sebelum pertanian sampai ke jaman pertanian membutuhkan waktu
ratusan tahun untuk berkembang. perkemban selanjutnya ke jaman industri
membutuhkan waktu puluhan tahun. Sedangkan jaman industri ke jaman IT sekarang
ini cenderung bergerak lebih cepat.
Teknologi
manusia lah yang membuat perubahan menjadi lebih cepat. Semakin berani pribadi
manusia untuk berpikir kreatif dan tidak takut akan perubahan, maka akan
semakin besar pula kesempatan mereka untuk berkembang menjadi lebih baik dan
lebih baru / fresh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar