Kelas
C Kapita Selekta pada tanggal 24 oktober 2013 kedatangan dosen tamu yang
bernama Wijaya Laksana atau yang biasa akrab disapa Jay. Beliau lahir di
Bandung pada tanggal 8 Agustus 1977. Pak Jay merupakan alumni UNPAD ilmu
komunikasi (humas) tahun 2001 dan juga setahun yang lalu pak Jay lulus dari
Universitas Indonesia jurusan manajemen komunikasi. Sekarang ini beliau bekerja
di PT. Pupuk Kaltim yang merupakan anak dari perusahaan BUMN.
Di
awal, Pak Jay menjelaskan seputar PT. Pupuk Kaltim yang berdiri pada tanggal 7
Desember 1977. Beliau memberikan gambaran-gambaran mengenai keadaan lingkungan
di pabrik pupuk urea yang terbesar di dunia tersebut. Pabrik pupuk urea terssebut berlokasi di
Bontang, Kalimantan Timur. Berbagai fasilitas kelas atas disediakan oleh PT.
Pupuk Kaltim bagi semua pekerjanya. Dari mulai tempat tinggal, lapangan
olahraga seperti kolam renang, lapangan tenis, lapagan bola, sampai lapangan
golf. Semua pekerja diberikan fasilitas yang sangat tinggi oleh PT. Pupuk
Kaltim karena memang di daerah bontang tersebut masih sangat minim segala
fasilitas umumnya.
Kemudian
beliau mulai menjelaskan mengenai corporate relations yang diartikan sebagai
suara korporasi dan citra yang diproyeksikannya kepada khalayak atau
konsituennya. Selain itu juga merupakan semua kegiatan komunikasi yang
dilakukan perusahaan dan mempunyai bidangnya masing masing. Mulai dari
pemasaran, kliping, terima tamu, dll. Pelopor corporate communication muncul
tahun 1970 yaitu oleh Mobil Oil. Mereka membangun sebuah unit corporate
communication yang meliputi pekerjaan seperti menghandle wartawan, meloby
pemerintah, dan membentuk opini publik melalui berita-berita.
Beliau
bercerita mengenai pengalaman kerja yang pernah ia jalani. Beliau pernah
menjadi Liaison Officer (LO) artis-artis ibukota seperti Ahmad Albar, GIGI,
Nidji, dan masih banyak lagi. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan
komunikasi hampir pernah ia jalani. Beliau merintis karier dari bawa hingga
sekarang beliau bisa bekerja di perusahaan besar seperti PT. Pupuk Kaltim.
Dan
berikut adalah beberapa pelajaran seputar corporate communication yang beliau
berikan kepada mahasiswa/i di kelas C Kapita Selekta :
Peran
komunikasi di perusahaan adalah sebagai berikut
|
|
|
||||||||
Fungsi
komunikasi :
- kita hidup di era yang sophisticated atau dalam tema komunikasi. Sehingga Informasi cenderung bergerak cepat dengan adanya kemajuan tekonolgi komunikasi
- Publik lebih peka terhadap pendekatan yang dilakukan oleh organisasi. Masyarakat bisa mencari info sendiri barang atau jasanya termasuk baik atau tidak. Tidak seperti dulu yang masyarakatnya cenderung lebih percaya terhadap apa yang diiklankan atau dikomunikan.
Beberapa
fungsi menutut ahli corporate
komunikasi, Argenti (2002) antara lain :
- Coorporate image dan identity
- Corporate advertising dan advokasi
- Media relation
- Mareting communication
- Financial communication
- Philantrophy dan coporate social responsibility
- Government relation
- Crisis management
Humas
sebagai fungsi manajemen antara lain :
- Mengkoordinasikan unsur sumber daya perusahaan
- Mengelola arus informasi perusahaan baik untuk publik intern maupun extern
- Menjaga hubungan harmonis antar steakholder
- Memberi masukan kepada pihak manajemen
Beliau
memberikan contoh mengenai salah satu perusahaan yang berhasil dalam corporate
communicationnya. Perusahaan tersebut adalah Starbucks dimana mereka bisa
membangun corporate culture, corporate identity, philosophy, citizenship, good
press relation, penguasaan tools dan juga technologies.
Dalam culture, semua pegawai dibuat seolah memiliki starbucks sehingga semua
pekerja akan menjaga nama baik brand tersebut di mata masyarakat.
Contoh lain adalah brand The Body Shop yang berhasil dari sisi philosophy dan citizen-nya. Walaupun harga produk The Body Shop cenderung mahal, tetapi mereka mengutamakan hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan seperti go green dan juga pemberdayaan wanita.
Contoh lain adalah brand The Body Shop yang berhasil dari sisi philosophy dan citizen-nya. Walaupun harga produk The Body Shop cenderung mahal, tetapi mereka mengutamakan hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan seperti go green dan juga pemberdayaan wanita.
Formulasi
strategi respon sosial adalah melalui :
- Scanning (pengamatan)
- Monitoring (pengawasan)
- Forecasting (peramalan)
- Assecing (penilaian)
Strategi
menghadapi perubuhan lingkungan antara lain :
- Strategi buffering ( penahan) digunakan manajemen untuk membantu menutup perusahaan dari gangguan dalam lingkungan bisnis. strategi ini memperkuat batasan protektif perusahaan dan ditujukan untuk mengurangi ketidakpastian. contoh : PT Pupuk Kaltim marchingband kepada masyarakat bontang dan seudah terbukti memenangkan kompetisi nasional dan internasional.
- Strategi bridging (jembatan) mencoba untuk mengadaptasi aktivitas perusahaan dalam sejumlah cara yang disesuaikan dengan harapan steakholder eksternal
- Mutual understanding diciptakan untuk menjadi salah satu prioritas dalam penerapan strategi komunikasi perusahaan.
Dari
sisi persaingan, fikom cenderung kalah terhadap :
- Internal fikom (humas vs jusrnalistik vs mankom)
- Fikom vs ilmu sos
- Fikom vs ilmu pasti (tenaga pengalaman)
Kesimpulan
Berdasarkan materi yang telah disampaikan oleh pak
Jay mengenai Corporate Public Relation, kelompok kami menyimpulkan bahwa
Corporate Communicaton sangat berperan penting dalam suatu perusahaan.
Corporate communication dapat menbantu perusahaan untuk membangun citra dan
membangun Brand Identity sebuah perusahaan agar bisa menimbulkan rasa percaya
masyarakat terhadap brand atau perusahan tersebut.
Selain itu corporate communication juga
merupakan strategi komunikasi pada perusahaan yang dilakukan untuk mengatasi
sebuah krisis yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi dalam sebuah
perusahaan. Dengan dilakukannya corporate communication perusahaan juga bisa
melakukan sosialisasi dengan media dan lingkungan sekitar, sosialisasi ini di
tujukan agar pihak yang bersangkutan bisa mendapatkan win-win solution. Sehingga
sebuah krisis yang sedang terjadi didalam perusahaan dapat dihilangkan dan
tidak menggangu stabilitas perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar